Rakor Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Fatah Palembang (Evaluasi Realisasi Kegiatan 2019 dan Pemetaan Pagu Definitif Tahun 2020

Bangka- Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang mengadakan kegiatan Rapat Koordinasi dengan tema “Evaluasi Realisasi Kegiatan 2019, Pemetaan Pagu Definitif Tahun 2020 dan Peningkatan Kapasitas serta Kompetensi Tenaga Kependidikan di Lingkungan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Fatah Palembang. Kegiatan yang bertempat di Bangka ini berlangsung dari tanggal 30 November hingga 2 Desember 2019. Hadir dalam kesempatan ini Rektor Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang yang dalam hal ini diwakili oleh Wakil Rektor 1 Dr. Ismail Sukardi, .M. Ag., Dekan FITK yang dalam hal ini diwakili oleh Wakil Dekan 2 Drs. H. Tastin, M.Pd.I. dan Wakil Dekan 3 Dra. Hj. Choirun Niswa, M. Ag., Kabag Perencanaan dan Keuangan UIN Raden Fatah Palembang, Ketua Panitia Rakor sekaligus Kaprodi Pendidikan Kimia, para Kaprodi di lingkungan, para Sekprodi, Kabag TU, para Kasubag, para Dosen, dan segenap pegawai FITK.

Kegiatan ini diawai dengan sambutan pertama disampaikan oleh Wakil Dekan 2 Drs. H. Tastin, M. Ag., yang menyampaikan permohonan maaf dari Dekan yang berhalangan hadir dalam kegiatan opening ceremony ini karena sedang bertugas di Semarang. Beliau juga menyampaikan terima kasih atas kehadiran Wakil Rektor 1 UIN, Kabag Perencanaan dan Keuangan UIN, Kakanwil Babel, dan seluruh peserta Rakor yang telah hadir dalam kesempatan ini. Rakor ini diadakan di Pulau Bangka di saat masing-masing Prodi sedang mempersiapkan visitasi yang akan berlangsung di awal tahun 2020. Ketua Prodi PAI (Alimron,M.Ag) turut serta hadir dalam kegiatan ini, guna mengevaluasi realisasi kegiatan prodi PAI tahun 2019, serta pemetaan Pagu untuk tahun 2020 mendatang. Oleh karena itu, kegiatan ini diharapkan dapat memberikan gambaran tentang apa yang akan dilakukan pada tahun 2020, namun juga dapat me-refresh para Dosen dan Tenaga Kependidikan, hingga kembali fresh ketika kembali ke kampus, dan siap menghadapi visitasi dalam rangka mewujudkan tujuan UIN menuju Akreditasi A, ujar beliau.

Sambutan berikutnya yang sekaligus membuka kegiatan ini disampaikan oleh Wakil Rektor 1 Dr. Ismail Sukardi, M.Ag. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa kegiatan ini adalah untuk mengevaluasi realisasi anggaran tahun 2019 yang telah berjalan dalam rangka untuk menyusun rencana-rencana kegiatan terkait anggaran tahun 2020. Beliau berpesan, kita perlu mendefinisikan tupoksi masing-masing unit, sehingga anggaran dapat direalisasikan dalam rangka melaksanakan fungsi-fungsi tersebut. Mengenai anggaran,  bukan hanya persoalan bagaimana menyerapnya, tapi bagaimana anggaran tersebut berfungsi untuk meningkatkan Tridharma Perguruan Tinggi. Artinya, kegiatan yg berlangsung berbasis kebutuhan tambahnya.Kegiatan opening ceremony ini diakhiri dengan sesi foto bersama dan pemberian cinderamata, dan dilanjutkan dengan pemberian materi oleh narasumber dari Wakil Rektor 1 UIN, Kabag Perencanaan dan Keuangan UIN, serta Team Keuangan FITK.

Hari ke-2 dilanjutkan dengan MoU dengan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syaikh Abdurrahman Siddik dimana kegiatan ini di hadiri langsung oleh pimpinan IAIN SAS dan di buka oleh wakil rektor 1 bapak Dr. Rusdy Sulaiman, M. Ag. dan dilanjutkan dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Fakultas Tarbiyah IAIN SAS dengan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Fatah Palembang yang di tanda tangani langsung oleh dekan Tarbiyah IAIN SAS ibu. Dr. Hadarah, M. Ag dan Dekan FITK UIN Raden Fatah Palembang Prof. Dr. H. Kasinyo Harto, M. Ag.

Setalah Melaksanakan Mou Civitas Akademika langsung bertolak ke Kanwil Bangka melaksanakan Silaturrahmi dengan KaKanwil Bangka bapak Dr. H. Muhammad Ridwan, MM. yang sebelum menjabat sebagai KaKanwil bangka beliau perna menjabat sebagai Kabiro AUPK di UIN Raden Fatah Palembang. Kedatangan Civitas Akademika FITK disambut langsung oleh pimpinan Kanwil Bangka, Pak Ridwan mengatakan sangat senang sekali kedatangan tamu dari UIN Raden fatah Palembang karena banyak Alumni-alumni kita (Civitas Kanwil Bangka) pernah menempu pendidikan disana dan sekarang bertemu dengan dosen-dosen yang dulu pernah mengajar sewaktu kuliah, ujarnya. kemudian acara dilanjutkan dengan pemberian kenang-kenangan pelakat dan bingkai ampera kemudian ditutup dengan makan bersama.

 

Sumber : HUMAS-PAI (madi)

 

X