Mahasiswa PAI UIN Raden Fatah Palembang dibekali Ilmu Reference Mendeley

PALEMBANG – Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang menggelar pelatihan penggunaan Aplikasi Reference Manager Mendeley. Kegiatan dipusatkan di Ruang Seminar Lantai IV FITK (Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan) dimulai pukul 09:00 WIB s/d Selesai, Senin (26/8/19).

Ketua Program Studi PAI, Alimron, M.Ag. menjelaskan kegiatan ini sebagai salah satu syarat kelulusan bagi mahasiswa yang sedang menulis skripsi. Namun hanya berlaku bagi mahasiswa angkatan 2013, 2014 dan 2015 dan hanya berkisar 150-an orang mahasiswa yang hadir.

Ketua Bina Skripsi sekaligus sebagai narasumber kgiatan, Syarnubi mengatakan pelatihan ini bertujuan untuk mengenalkann Mendeley kepada mahasiswa yang sedang melakukan penulisan skripsi agar dapat mengetahui tingkat keaslian dan kualitas setiap penulisan skripsi.

Syarnubi menjelaskan Mendeley merupakan sebuah program aplikasi akademis gratis yang digunakan untuk mengelola dan berbagi jurnalis penelitian, data penelitian, pengaturan referensi, bahkan dapat digunakan untuk bekerja sama kepada sesama peneliti secara online.

Menurutnya, penggunaan aplikasi tersebut dapat mendeteksi tindak plagiasi ketika melakukan sebuah kutipan. Penulis dapat melacak dan mengidentifikasi keaslian dan kualitas setiap referensi yang mereka gunakan.

“Mendeley ini dapat diakses di mana saja seperti di Handphone android, desktop pada komputer, dan juga website,” paparnya.

Dalam kegiatan ini dijelaskan secara detail penggunaan aplikasi tersebut, mulai tutorial penggunaan aplikasi tersebut, mulai dari menginstal, mengatur aplikasi tersebut agar tersambung dengan Microsoft Word dan Search Engine seperti google, hingga mamasukkan berbagai referensi ke akun Mendeley pengguna. Dalam pelatihan tersebut, peserta membuka android masing-masing untuk terhubung ke internet dalam praktik pembuatan akun Mendeley.

“Mendeley akan diterapkan ketika ada Seminar Proposal mendatang. Bagi yang terdeteksi lebih dari 30 % akan dilakukan revisi. Dengan mengikuti pelatihan ini, peserta diharapkan dapat menggunakan tools penting dalam aplikasi Mendeley sebagai reference manager. Peserta dapat juga mensinkronkan Microsoft Word dengan aplikasi Mendeley sehingga mempermudah peserta dalam pembuatan daftar pustaka.” tutur Syarnubi

Dia berharap dengan adanya pelatihan ini, para dosen juga dapat mengaplikasikan kepada mahasiswa terutama mahasiswa tingkar akhir dalam penulisan tugas karya akhir sehingga dapat mempermudah dalam mengelola referensi penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa dan juga memberikan bekal kepada mahasiswa yang ingin menjadi peneliti nantinya.

X