Pendampingan Kegiatan Ekstrakurikuler Keagamaan di MA Patra Mandiri Palembang

Kegiatan Ekstrakurikuler Keagamaan memegang peranan penting dalam proses menanamkan nilai religius terhadap siswanya. Untuk keberhasilan tersebut, pembina kegiatan ekstrakurikuler keagamaan harus mampu menggunakan berbagai upaya dalam menanamkan nilai religius. Siswa yang memiliki nilai religius selalu menunjukkan perilaku yang baik kepada Allah, sesama manusia, lingkungan dan diri sendiri. Terjadinya penyimpangan yang dilakukan para siswa disebabkan oleh kurangnya nilai-nilai religius yang ditanamkan oleh sekolah. Berpijak dari itulah tujuan kegiatan ekstrakurikuler keagamaan ini dalam upaya menanamkan nilai religius siswa.

Pemateri I, Dra. Hj. Elly Manizar, M.Pd.I dalam paparannya menyampaikan materi tentang: Iman sebagai dasar akidah, yang meliputi pengertian, ruang lingkup, faktor pembinaan iman, kompetensi iman yang sempurna dan iman dalam kehidupan.

Pemateri II, Sofyan, M.HI dalam paparannya menyampaikan materi tentang: Ibadah dalam Islam, yang meliputi hakikat ibadah dalam Islam, salah faham terhadap konsep ibadah, ruang lingkup ibadah dalam Islam, kenapa manusia harus beribadah?, inti ibadah, keistimewaan ibadah dalam Islam dan hikmah ibadah dalam Islam.

Pemateri III, Dr. Muh. Misdar, M.Ag. dalam paparannya menyampaikan materi tentang: Etika, Moral dan Akhlak dalam Islam, yang meliputi pengertian etika, moral dan akhlak, karakteristik etika Islam, akhlak-akhlak mulia (karimah), dan akhlak-akhlak tercela (madzmumah).

Pemateri IV, Dr. Akmal Hawi, M.Ag. dalam paparannya menyampaikan materi tentang: Islam Agama Kaffah, yang meliputi pengertian agama Islam, karakteristik agama Islam, posisi agama Islam di antara agama lain, Islam dan pluralitas agama, serta agama dan fitrah manusia.

Pemateri V, Nur Muhammad Basit dalam paparannya menyampaikan materi tentang: Etika Bermedia Sosial dalam Islam, yang meliputi 10 etika yang mesti diperhatikan dalam bermedsos yaitu: muraqabah, hisab, istifadah, tanggung jawab, menjaga batasan pergaualan, memperhatikan pertemanan, wasilah, tidak lalai, mengumpulkan kebaikan dan ikhlas.

X