Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas Guru PAI Sekolah dan Madrasah di Kota Palembang

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kepada para guru PAI sebagai suatu metode yang sistematis dan ilmiah untuk memperbaiki proses pembelajaran.


Pelatihan ini mengajak teman-teman guru untuk melangkah kepada berbagai catatan yang setelah diolah dapat mewujud menjadi suatu penelitian yang berkualitas. Melaksanakan penelitian tentang apa yang sehari-hari dilakukan oleh seorang guru yang akhirnya dapat menghasilkan suatu karya yang disebut PTK. Hal itu dapat terjadi apabila suatu urutan umum prosedur, yaitu bermula dari identifikasi masalah penelitian yang dihadapi sampai dengan laporan hasil akhirnya dicatat. Jadi, amat penting suatu prosedur ini dipahami dan ditaati oleh guru yang meneliti.
Pelatihan ini memberikan stimulus (dorongan) kepada para guru PAI di sekolah dan madrasah untuk senantiasa memperbaiki kinerjanya melalui kegiatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK).
Masih banyak guru-guru yang belum mengenal dan belum melakukan PTK sama sekali di kelasnya sehingga tujuan dari pelatihan ini adalah mengajak atau memotivasi guru yang masih enggan mengadakan penelitian karena berbagai alasan untuk dapat mengembangkan potensi unik siswa yang ada di kelasnya. Dengan mengetahui potensi unik siswa, guru menjadi semakin dekat dengan para siswanya, dan terjadilah proses interaktif di antara guru dan siswa.
Selain itu, PTK mengajak para guru untuk aktif menulis, meneliti dan menuliskan laporan penelitiannya sehingga dapat meningkatkan kualitas pembelajarannya di kelas.
Sejatinya, dengan diselenggarakannya Pelatihan PTK ini dapat memberikan bimbingan, arahan dan petunjuk kepada para guru PAI di sekolah dan madrasah mengenai cara membuat usulan atau proposal Penelitian Tindakan Kelas (PTK).
Dengan memahami dan memperhatikan karakteristik setiap siswa, maka guru akan dapat mengembangkan potensi unik yang dimiliki oleh setiap dengan melakukan berbagai tindakan yang terhimpun ke dalam sebuah penelitian tindakan kelas (PTK). Melalui PTK yang dirancang guru, para guru diharapkan dapat menemukan potensi unik siswa yang berujung kepada peningkatan hasil belajar.

X